Tutorial QGIS - Dua Langkah Tampilkan Citra Satelit Resolusi Sangat Tinggi Gratis

Posted by Mas Petruk on 16:09 with 1 comment
Hanya membutuhkan dua langkah mudah untuk dapat menampilkan citra satelit yang secara gratis kita peroleh dari Google Earth, Bing, Open Street Map dan lain-lain.



Salah satu keunggulan dari perangkat lunak pengolah data spasial Quantum GIS adalah kemampuannya menampilkan citra satelit dari penyedia layanan gratis semacam Google Earth di antarmuka-nya. Hal ini sangat berguna saat kita akan melakukan digitasi dan pembuatan peta sederhana maupun kompleks namun tidak memiliki data sumber yang cukup baik. Citra satelit yang ditampilkan pada Google Earth telah memiliki referensi geografis sehingga sampai dengan skala tertentu dapat digunakan sebagai basis data dalam pemetaan.
Namun demikian perlu diingat bahwa penggunaan citra satelit yang diperoleh dari Google Earth perlu dilakukan dengan hati-hati. Ada setidaknya dua hal yang penting diingat yaitu bahwa [1] Citra yang ditampilkan oleh Google Earth berasal dari sumber platform satelit yang beragam sehingga resolusinya berbeda-beda, [2] Waktu perekaman tidak selalu terbaru, dan metadata perekaman citra satelit tidak ditampilkan secara eksplisit.

Untuk menampilkan citra Google Earth, pengguna Quantum GIS hanya cukup mengunduh dan memasang plug in bernama Open Layers.

Langkah pertama : Aktifkan OpenLayers yang ada di dalam menu "Plugin"

  • Plugin > Manage and Install Plugin --> (akan muncul kotak dialog baru bernama Plugin)
  • Carilah plugin bernama "OpenLayers Plugin" lalu klik tombol Install Plugin.
Catatan : Perhatikan bahwa sebelum dilakukan instalasi OpenLayers Plugin, pada menu Web tidak muncul pilihan penampilan citra dan peta OpenLayers


Langkah Kedua : Menampilkan Citra Satelit

Buka menu Web > OpenLayers Plugin dan pilih salah satu penyedia citra atau peta gratis (misal: Google Satellite). 
Citra satelit akan langsung ditampilkan pada jendela kerja Quantum GIS anda. 

Cukup mudah bukan?? Anda bisa melakukan pekerjaan selanjutnya atau sekedar melakukan overview pada citra satelit tersebut.

Hanya dengan melakukan instalasi plugin OpenLayers ini anda sudah dapat menampilkan citra satelit dari Google Earth maupun penyedia citra satelit gratis lainnya semacam Bing, Open Street Map dan MapQuest. Anda juga dapat menampilkan peta jalan dari Google Maps maupun Open Street Map. Semuanya anda dapatkan secara GRATIS!! Anda bisa menggunakannya untuk digitasi areal survey, rute bersepeda, petunjuk jalan, dan lain sebagainya.

Ini dia hasil tampilan citra satelit dan peta jaringan jalan yang diperoleh dari Google Earth dan Open Street Map untuk daerah Selokan Mataram dan Kota Yogyakarta (klik untuk memperbesar) :

Hasilnya cukup bagus bukan? Semoga bermanfaat bagi anda sekalian yang ingin melakukan overview citra resolusi sangat tinggi tanpa harus membeli atau menginstal perangkat lunak Google Earth. Ingin tahu bagaimana cara melakukan digitasi dan interpretasi citra satelit? Lanjutkan ke Tutorial Teknik Interpretasi Visual Citra Satelit Resolusi Tinggi.