Tutorial QGIS - Cara Paling Mudah Menampilkan Peta Kontur ASTER GDEM di Quantum-GIS

Posted by Mas Petruk on 14:45 with 1 comment
Quantum GIS (QGIS) telah dianggap sebagai salah satu platform terbaik dalam jajaran perangkat lunak open source Sistem Informasi Geografis.  Salah satu fitur handal yang ditawarkan adalah tampilan online background map. Fitur tersebut dapat ditampilkan dengan melakukan instalasi plugin OpenLayers dan QuickMapServices.

Pada tutorial sebelumnya kita telah mengetahui bagaimana Cara menampilkan citra resolusi sangat tinggi gratis menggunakan openlayers plugin. Kini kita akan mencobanya dengan mengunakan QuickMapServices. Plugin ini menyediakan basemap yang bersumber dari Landsat, MapQuest, Mapsurver (ASTER-GDEM dan SRTM), NASA (Fire dan SEDAC), Open Street Map, Rosreestr dan eAtlas. Sedikit berbeda dengan OpenLayers yang menampilkan basemap yang bersumber dari Open Street Map, Google, Bing, Mapquest, Stamen dan Apple.

Kalau sebelumnya kita menampilkan citra satelit resolusi sangat tinggi Google Earth  dan peta jaringan jalan Open Street Map, kini kita akan mencoba menampilkan peta kontur ASTER GDEM sebagai basemap.


Langkah pertama : 
Aktifkan Plugin QuickMapServices yang ada di dalam menu Plugin > Manage and Install Plugin > "QuickMapServices" lalu klik tombol Install Plugin




Setelah plug in terinstal dengan sempurna ...

Langkah Kedua : 
Buka menu Web > QuickMapServices  dan pilih MapSurfer.NET> MapSurver ASTER GDEM Contour Line. 
Citra satelit akan langsung ditampilkan pada jendela kerja Quantum GIS anda.
Selanjutnya, Anda juga dapat menampilkan citra ASTER GDEM dengan tambahan hilshade dari SRTM. 
Caranya : Buka menu Web > QuickMapServices dan pilih MapSurfer.NET> MapSurver ASTER GDEM – SRTM Hillshade. 


Hasilnya adalah seperti dibawah ini (klik untuk memperbesar) :



Mudah bukan? Silahkan bereksplorasi dengan pilihan menu yang lain. Ingat bahwa kemampuan QuickMapServices ini tidak hanya terbatas pada kontur dan hillshade saja namun juga citra resolusi sangat tinggi yang disediakan oleh Mapquest, OSM, bahkan bisa juga anda tambahkan Google Earth, Bing, dan lainnya.

Ingin mengetahui apa perbedaan antara plugin OpenLayers dan QuickMapServices ? Ini Dia Perbedaan Plugin OpenLayers dan QuickMapServices.