Raksasa dari Kerajaan Bawah Laut -- Buletin Entuyut Edisi II/2013

Posted by Mas Petruk on 00:09 with No comments
Kementerian Kehutanan menerbitkan peraturan mengenai satwa-satwa yang menjadi prioritas konservasi nasional dengan Permenhut No. 57 Tahun 2008 (lihat peraturannya disini). Nah, didalamnya terdapat beberapa jenis kupu-kupu yang merupakan satwa prioritas untuk dilestarikan keberadaannya.
Sebagian dari antara jenis kupu-kupu yang diprioritaskan--dari sekitar 2.500 jenis yang telah teridentifikasi hidup di Indonesia--dapat dilihat dalam Buletin Entuyut Edisi II Tahun 2013 ini.
Kompilasi ilustrasi dan tulisan tentang kupu-kupu prioritas konservasi nasional ini merupakan tulisan Kyai Smaradhana Ri Lokapala, hasil kompilasi dari berbagai sumber. Penggunaan kutipan dan ilustrasi dimaksudkan untuk hanya kepentingan edukasi saja. Hak cipta atas karya foto tetap milik pemilik sumber foto. 
Masih berkontribusi dalam desain dan tata letak selain juga sok-sok an jadi Pemred, Kyai Smaradhana Ri Lokapala sebenarnya masih belum puas dengan hasil karya ini. Apalagi karena materinya belum bisa genuine dari hasil karya tim, masih banyak yang comot sana sini.
Tapi sekali lagi, semangat "pencomotan" hasil karya ini murni untuk kepentingan edukasi dan non komersial. Kyai Smaradhana cuma berharap, yang karyanya dikutip untuk kepentingan Buletin Entuyut berkenan dan legowo. Kalaupun belum bisa memberikan kontraprestasi berupa materi, paling tidak sumbangannya untuk dunia konservasi di Indonesia akan menjadi tiket ekstra ke surga. :)

Selamat menikmati...

Edisi ini tersedia dalam format pdf dan flipbook.
Download Edisi 1 
pdf disini
flipbook disini